MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA JAUHARUL IMAN SENAUNG KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: SISKA SAPARENA, TK.151175, Khalik, A., Hayat, Najmul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2325/1/TK151175_SISKA%20SAPARENA_MPI%20-%20Siska%20Saparena.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2325/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah bahwa setiap sekolah memiliki sarana dan prasarana, baik itu mamadai ataupun tidak memadai. Sarana dan prasarana tersebut perlu didayagunakan dan dikelola untuk kepentingan proses pembelajaran. Pengelolaan ini dimaksudkan agar dalam menggunakan sarana dan prasarana bisa berjalan dengan efektif dan efisien. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang pengelolaan sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran seta untuk mengetahui usaha yang dilakukan dalam meningkatkan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil obyek penelitian di MTs Swasta Jauharul Iman Senaung Kabupaten Muaro Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumnetasi. Analisis data di lakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari data tersebut di narasikan dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan proses pengelolaan sarana dan prasarana serta usaha apa yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran. Adapun hasil penelitian tersebut bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di MTs Swasta Jauharul Iman Senaung Kabupaten Muaro Jambi sudah sesuai dengan teknik pengelolaannya, yang meliputi perencanaan, Pengadaan, Pendistribusikan, penggunaan dan pemeliharaan. (1) usaha yang dilakukan untuk meningkatkan proses pembelajaran, yaitu guru harus bisa menjadi contoh yang baik bagi siswa-siswi, meningkatkan senyum salam sapa supaya proses pembelajaran.