KOMPETENSI SOSIAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TANJUNG JABUNG TIMUR

Main Authors: SITI HASANAH, MPA1622588, Mukhtar, Mukhtar, Risnita, Risnita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2307/1/TESIS%20SITI%20HASANAH%20BOOKMARKS%20-%20Muhadi%20Siregar.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2307/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sosial guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan multikultural siswa di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur. Kompetensi sosial yaitu merupakan kemampuan pendidik sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi lisan dan tulisan, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional, bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua / wali peserta didik, dan, bergaul secara santun dengan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu metode yang digunakan untuk menemukan pengetahuan yang seluas-luasnya terhadap objek penelitian pada saat penelitian dilaksanakan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Deskriptif. Hasil dari penelitian ini Nilai-nilai pendidikan multikultural di SMP Negeri 3 Tanjung Jabung Timur cukup beragam, dengan beragaman ini siswa dan guru selalu hidup berdampingan serta tidak membeda-bedakan satu sama lain, sekolah tidak mempermasalahkan adanya perbedaan ini dan sekolah selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada dan nilai toleransi beragama, suku, sosial ekonomi sebagai wujud untuk menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis. Kompetensi sosial guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan nilai-nilai pendidikan multikutural siswa a). Sikap inklusif, guru PAI telah mengesampingkan semua perbedaan, b). Guru PAI telah mampu bersikap adaktif, yaitu mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, c) guru PAI telah mampu berkomunikasi dengan siswa, rekan sejawat dan rekan ilmiahnya.