MODEL PENGAJARAN ALQURAN HADITS DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MEMBACA ALQURAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL IKHWAN KEC. SUNGAI GELAM KAB. MUARO JAMBI

Main Authors: HAPIZ, MPA. 162476, Yamin, Martinis, Hidayat, Hidayat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2303/1/TESIS%20HAFIZ%20BOOKMARKS%20-%20Za%20Lasri.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2303/
Daftar Isi:
  • Terbentuknya kecakapan baca alquran siswa yang baik tidak terlepas dari proses pengajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas termasuk penggunaan model pengajaran yang baik. Guru yang dapat meningkatkan kecakapan baca alquran siswa yang baik adalah guru yang telah berhasil melaksanakan proses pengajaran dengan baik, sehingga siswa menjadi mampu untuk mengembangakan kecakapan baca alqurannya serta meningkatkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana model pengajaran alquran hadits dalam meningkatkan kecakapan baca alquran siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif yang dilaksanakan di MTs Al-Ikhwan Mekar Jaya Sungai Gelam Muaro Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa : Pertama, Guru mata pelajaran alquran hadits telah melaksanakan model pengajaran berupa model Mnemonik. Kedua, Model ini telah diterapkan dengan baik di dalam proses pengajaran. Ketiga, Model Mnemonik ini telah dirasakan menfaatnya oleh siswa berupa peningkatan kecakapan baca alquran siswa. Berdasarkan temuan penelitian ini, semakin baik sebuah model pengajaran diterapkan maka akan semakin bagus pula hasil yang akan dicapai. Dengan kata lain meningkatnya kecakapan baca alquran siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas model pengajaran yang diterapkan oleh guru.