UPAYA PEMBINAAN BAGI GURU DALAM MENGELOLA PERPUSTAKAAN DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA SKRIPSI

Main Authors: AHMAD ROBI ULPI, IPT. 131376, Raudhoh, Raudhoh, Dastina, Wenny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2293/2/SKRIPSI_AHMAD%20ROBI%20ULPI_IPT.131376%20-%20Fitri%20Rahma%20Dani.PDF
http://repository.uinjambi.ac.id/2293/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan guru dalam mengelola perpustakaan sekolah di kecamatan jambi luar kota perlu diangkat dalam penelitian ini yaitu: bagaimana pembinaan guru mengelola perpustakaan sekolah, serta apa upaya dalam menghadapi kendala dalam pembinaan guru dalam mengelola perpustakaan sekolah di kecamatan jambi luar kota kabupaten muaro jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi, wawancara, dan dokumentasi.Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil dilapangan dapat diketahui bahwa dalam pembinaan guru dalam mengelola perpustakaan sekolah di Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi belum terlaksana seutuhnya karena belum mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan perpustakaan sebagaimana mestinya. Kendala yang dihadapi dalam pembinaan guru dalam mengelola perpustakaan sekolah adalah adalah (i) tidak adanya sumber daya yang ahli perpustakaan, (ii) Tidak adanya anggaran yang dikelola oleh perpustakaan sendiri, (iii) Kurangnya kesadaran diri dalam menjalan kan tugas, (v) Belum adanya kebijakan mengenai standar perpustakaann, dan (vi) Pengunjung yang tidak tertib. Sedangkan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala adalah (i) berusaha mencari SDM ahli dan berusaha mengikut sertakan petugas perpustakaan dalam pelatihan mengenai pengelolaan perpustakaan, (ii) Mengikut sertakan pelatihan (Magang) bagi Pengelola, (iii) Memberikan penghargaan (reward)