KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 19 KOTA JAMBI

Main Authors: YULIZA UTMI YATI, TK151181, Jannah, Siti Raudhatul, Nugroho, Aris Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2251/1/yuliza%20utmi%20yati%20TK151181%20-%20yulizautmiyati%2029.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2251/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan, mutu pendidikan yang telah dicapai SMP Negeri 19 kota jambi baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang non akademik serta kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan dan faktor pendukung dan penghambat dalam pencapaian mutu pendidikan di SMP Negeri 19 kota jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yaitu mengikutsertakan seluruh warga sekolah dalam berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan mutu sekolah, serta menggunakan waktu belajar secara efektif disekolah dan menerapkan kedisiplinan kepada seluruh warga sekolah agar dapat melaksanakan program perbaikan sekolah dengan baik. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai pengawas yaitu dengan melakukan kegiatan supervisi melalui teknik individu dan teknik kelompok secara demokratis dan objektif. Kepemimpinan kepala sekolah sebagai manajer yaitu kemampuan kepala sekolah dalam menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkat perencanaan, untuk satu tahun, dua tahun serta tiga tahun kedepannya dan mampu mengelola sarana dan prasarana yang ada di sekolah demi terwujudnya kualitas sekolah yang lebih baik. Selanjutnya yang menjadi faktor pendukung dalam peningkatan mutu pendidikan di SMP Negeri 19 Kota Jambi yaitu peningkatan kualitas guru, karena guru merupakan penunjang dan pemberi motivasi yang dapat mengarahkan peserta didik dalam upaya pencapaian tujuan sekolah. Peserta didik juga sangat dituntun untuk ikut serta dalam mewujudkan tercapainya mutu pendidikan dengan meningkatkan prestasi, minat, dan bakat dari peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat didalam pencapaian mutu pendidikan di SMP Negeri 19 Kota Jambi yaitu komitmen para warga sekolah ada kalanya kendur, hal ini didorong oleh psikologis perorangan, keterbatasan dana, dana bantuan operasional sekolah porsinya hanya dapat mencapai optimalisasi standar sekolah.