PENERAPAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA MENDALO DARAT KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | Deby Gusti Safitri, TP.151339, Idris, Ilyas, Walid, Abul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2231/1/TP151339_DEBY%20GUSTI%20SAFITRI_PAI%20-%20Deby%20Deby.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2231/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Penerapan Strategi Index Card Match Untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi. Tujuan pnenlitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi dengan menerapkan Strategi Index Card Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi dan objek penelitiannya ialah Strategi Index Card Match, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Data diperoleh melalui observasi dan tes evaluasi kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Startegi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari evaluasi Pra-Siklus, Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata pada Pra-Siklus 71,22, pada Siklus I 76,63 dan nilai rata-rata pada siklus II 82,40. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Index Card Match untuk hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Mendalo Darat Kabupaten Muaro Jambi dapat dikatakan meningkat.