KORELASI ANTARA KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 5 KOTA JAMBI

Main Authors: SAPRA MARDIANTI, TM151285, Susanti, Try, Ubaidah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2227/1/TM151285_SAPRA%20MARDIANTI_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20Sapra%20Mardianti.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2227/
Daftar Isi:
  • Kelengkapan fasilitas belajar siswa adalah salah satu faktor ekstern di dalam sekolah yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa, ada tidaknya fasilitas-fasilitas yang diperlukan dalam belajar turut memegang peranan penting dalam hasil belajar. Apabila fasilitas yang tersedia mencakupi dan terpenuhi maka tingkat motivasi siswa untuk belajar Matematika juga bertambah. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 55 siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 05 kota jambi. Sampel diambil dengan menggunakan table penentuan sampel yaitu diperoleh sebanyak 46 siswa. Data tentang kelengkapan fasilitas diperoleh dari observasi. Sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai ujian tengah semester ganjil TA 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 05 Kota Jambi. Hal ini dapat dilihat pada koefisien korelasi sebesar (rhitung)> rtabel product moment( 0,84>0,297) dan juga koefisien thitung > ttabel (10,53 > 2,000). Artinya kelengkapan fasilitas belajar dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam peningkatan hasil belajar Matematika siswa. Semakin lengkap maka semakin baik pula hasil belajar Matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang berarti atau signifikan antara kelengkapan fasilitas belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 05 Kota Jambi.