HUBUNGAN ANTARA FAKTOR KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 MUARO JAMBI

Main Authors: FERRY NURROFIAH, TM 151216, El Hilali, Husni, Bestari, Hendra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2216/1/TM.151216_FERRY%20NURROFIAH_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20win%20aramico.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2216/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang hubungan antara faktor kesulitan belajar dengan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi. Skripsi ini bertujuan untuk mencari bukti (berdasarkan pada data yang ada), apakah memang benar antara faktor kesulitan belajar (X) dengan hasil belajar matematika siswa (Y) terdapat hubungan atau korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen, dengan desain kuantitatif survey, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Data hasil penelitian diperoleh skor factor kesulitan belajar kelas X MIPA dengan nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 45. Nilai ratarata sebesar 80,15, median sebesar , dan modus sebesar dengan standar deviasi sebesar . Skor hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA dengan nilai tertinggi 77 dan nilai terndah 40. Nilai rata-ratanya sebesar 57,80, median sebesar , dan modus sebesar dengan standar deviasi sebesar . Hasil korelasi Product Moment sebesar 60,39. Nilai ini lebih besar dari pada taraf signifkan 5% = 1,67 sehingga diperoleh 60,39 > 1,67 dengan demikian diterima dan ditolak. Berarti ada hubungan yang signifikan antara faktor kesulitan belajar dengan hasil belajar matematika siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Muaro Jambi.