OPTIMALISASI PELAYANAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KANTOR SAMSAT KECAMATAN BAYUNG LENCIR

Main Authors: RAHMAN SEN, SIP 152050, Yuliatin, Yuliatin, Juharmen, Juharmen
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2211/1/SIP152050_RAHMAN%20SEN_ILMU%20PEMERINTAHAN%20-%20Rahman%20Sen.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2211/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul Op ti malisasi Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor SAMSAT Kecamatan Bayung Lencir. sebagai tujuan diantarany a adalah untuk mengetahui sistem pembay aran Pajak Kendaraan Bermotor, kendala y an g dihadapi Samsat Kecamatan Bay ung L encir dalam pelaksanaan lay anan Pajak Kedaraan Bermotor, serta upay a y ang dilakukan Samsat dalam rangka peningkatan efektifitas pelay anan Pajak Kendaraan Bermotor. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Kantor UPTB Samsat Kecamatan Bay ung L encir. Adapun instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan penulis terdiri dari reduksi data (data reduction), peny ajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Adapun temuan penelitian ini mengenai sistem pembay aran pajak kendaraan bermotor ada dua macam y aitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan, namun untuk pembay aran pajak di UPTB Samsat Kecamtaan Bay ung L encir hany a melay ani pajak tahunan, sementara pajak lima tahunan kembali ke Kabupaten. Dengan persy aratanny a sebagai berikut : a. Kartu Tanda Penduduk (KTP) b. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) c. Bukti Pemlik Kendaraan Bermotor (BPKB) Adapun kendala dalam pelay anan pembayaran pajak kendaraan bermotor adalah : kurangny a sumber day a manusia, kurangny a kesadaran masy arakat, kurangny a jumlah aparatur (pelay an publik) dengan masy ar akat tidak seimbang, tidak adany a nomor urut antrian pelay anan, terkadang juga terkait pemadaman lisrik, masalah jaringan yang kerap kali muncul sering mengganggu kinerja pegawai, tidak adany a loket pembay aran, lokasi y ang terlalu dekat dengan jalan raya sehingga mengakibatkan suara bising dari dalam ruangan, kurang luasny a tempat parkir, ruanganny a terbuka tidak tertutup, tidak ber AC, tidak disediakany a air mineral di ruang tungggu, ruang tunggu terlalu sempit, dan tidak ada fasilitas wifi dan TV agar mereka y ang membay ar paj ak tidak bosan menunggu. Sementara upay a yang dilakukan dalam mengoptimalkan pelay anan pajak kendaraan bermotor adalah : (1). Peningkatan pelay anan melalui teknologi informasi, (2). Memberikan pelayanan Samsat Keliling. (3). Memberikan peny uluhan dan sosialisasi tentang pajak kendaraan bermotor kepada masy arakat wajib pajak baik pada tingkat kecamatan maupun pada tingkat kelurahan. (4). Meningkatkan sumber day a manusi a y ang professional dan memberikan pelay anan y ang optimal . (5). Meningkatkan fasilitas pelay anan pajak. (6). Mengupay akan serta mengefektifkan razia- razia terhadap kendaraan roda dua dan roda empat.