PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 18 BATANGHARI
Main Authors: | SITI HARTINA, TM151291, Armida, Armida, Yusmarni, Yusmarni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2193/1/TM151291_SITI%20HARTINA_TADRIS%20MATEMATIKA%20-%20siti%20hartina2912.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2193/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII di sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Batanghari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Total Sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Hasil penelitian ini mendapatkan rata-rata skor kelas eksperimen sebesar 80,15 dan standar deviasinya 8,12 sedangkan rata-rata kelas kontrol sebesar 68,89 dan standar deviasinya 10,70. Kemudian dari data tersebut dilakukan uji t didapat = 3,519 pada taraf signifikan 5% diperoleh dan taraf signifikan 1% dengan demikian 2,028 < 3,519 > 2,719. Sehingga diterima, dan perhitungan dari Effect Size diperoleh sebesar 1,1 dengan kategori tinggi dan pengaruh sebesar 86%. Dengan demikian hipotesis alternatif diterima dan ditolak. Berarti ada pengaruh antara penerapan model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Batanghari.