PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTIONS DAN GETTING ANSWER TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH PUTRI AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI

Main Authors: JUAIRIYAH, TM. 151230, Armida, Armida, Deliza, Deliza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2191/1/TM151230_Juairiyah_Pendidikan%20Matematika_compressed%20-%20Juairiah%20Jbi789.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2191/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Giving Questions dan Getting Answer terhadap Komunikasi Matematis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Putri As‟ad Olak Kemang Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Posttest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 29 siswa dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa. Data hasil penelitian diperoleh nilai tertinggi dikelas eksperimen adalah 90 dan nilai terendah adalah 65 dengan rata-rata 78,79, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi adalah 80 dan nilai terendah adalah 50 dengan rata-rata 63,62. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 6,22 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,00 dan taraf signifikan 1% ttabel = 2,67 dengan demikian 2,00 < 6,22 > 2,67. Sehingga Ha diterima, dan perhitungan dari Effect Size diperoleh sebesar 1,6 dengan kategori tinggi dan pengaruh sebesar 94,5%. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Giving Questions dan Getting Answer dengan yang menggunakan pembelajaran langsung.