THE EFFECT OF COGNITIVE STRATEGY ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL BAITURRAHIM KOTA JAMBI
Main Authors: | WINKARTIKA SARI, TE.151638, Hasanah, Dewi, Taridi, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2172/1/TE151638_WINKARTIKA%20SARI_PBI%20-%20winkartika%20sari.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2172/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi kognitip terhadap pemahaman membaca siswa di Sekolah Menengah kejuruan Baiturrahim Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian quasi eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Baiturrahim Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa dari dua kelas yang dipilih. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, 24 siswa dalam kelompok eksperimen dan 24 siswa dalam kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diajarkan dengan menggunakan strategi cognitif sedangkan kelompok kontrol diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah 25 item tes pilihan ganda, dan akan di ujikan dalam pre-test dan post-test. Setelah mengumpulkan data, maka peneliti menganalisis data dengan menggunakan rumus t-test. Temuan yang ditunjukkan t-count (tt) adalah 4,437; Sementara itu, t-tabel (tt) dari df (44) dalam signifikan 5% adalah 1,71088. Maka, t-count (tt) lebih tinggi dari t tabel (tt), sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam menggunakan strategi kognitif pada pemahaman bacaan siswa tentang teks deskripstip.