PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL BAITURRAHIM KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTAS KABUPATEN BUNGO
Main Authors: | SYIFA ARDILLA AMRI, TRA 151774, Muhsinin, Umil, Amrindono, Amrindono |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2155/1/TRA151774_SYIFA%20ARDILLA%20AMRI_PIAUD%20-%20Syifa%20Ardilla.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2155/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur‟an pada anak usia dini di raudhatul athfal baiturrahim desa embacang gedang kecamatan tanah sepenggal lintas kabupaten bungo. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya minat anak dalam membaca al-qur‟an dan apa saja faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur‟an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur‟an pada anak usia dini kelas B1 di raudhatul athfal baiturrahim kabupaten bungo dan ingin mengetahui faktor pendukung serta penghambat dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur‟an pada anak usia di raudhatul athfal baiturrahim. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai bentuk memberi jawaban atas permasalahan yang telah diuraikan karena sifatnya menggunakan pendekatan analisis deskriptif dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dan orang tua dalam meningkatkan minat membaca Al-Qur‟an adalah dengan memberikan les mengaji sedangkan upaya guru dalam meningkatkan minat anak dalam membaca Al-Qur‟an pada anak dengan menggunakan media yang membuat anak merasa senang dalam mengikuti pembelajaran sedangkan upaya orang tua harus selalu memberi memotivasi pada anak dalam membaca Al-Qur‟an dan mengajarkan anak dalam membaca Al-Qur‟an. Sedangkan upaya dari lembaga adalah sekolah harus menyediakan sarana dan prasarana dalam membaca Al-Qur‟an. Faktor yang menunjang adalah adanya kerja sama antara guru dan orang tua dan faktor penghambat adalah guru yang kurang memiliki kreatifitas dalam mengajar. Kata kunci : Peran Guru, Kendala, Minat Anak Membaca Al-Qur‟an.