MENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN EMOSIONAL ANAK MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK DI TAMAN KANAK-KANAK AL-MUMTAZ DESA PULAU LINTANG KECAMATAN BATHIN VIII KABUPATEN SAROLANGUN
Main Authors: | SUSI SUSANTI, TRA 151773, Yusria, Yusria, Fadlan, Achmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2154/1/TRA151773_SUSI%20SUSANTI_PIAUD%20-%20susan%20suzysu.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2154/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak Kelas B1 Taman Kanak-kanak Al-mumtaz Desa Pulau Lintang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian menemukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kelompok dapat meningkatkan keterampilan sosial emosional anak Kelas B1 Taman Kanak-kanak Al-mumtaz Desa Pulau Lintang. Saat melakukan penelitian instrument pengumpulan data menggunakan metode Observasi, metode Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Reduksi data, penyajian data, kesimpilan. Penelitian tindakan Kelas ini dikatakan berhasil apabila 71% dari jumlah keseluruhan anak yaitu 15 orang anak, apabila 10 dari 15 orang anak mencapai tingkat pencaian perkembangan minimal. Saat melakukan penelitian prasiklus hasil keterampilan sosial dan emosional siswa hanya 40,0% kemudian saat dilaksanakan siklus I hasil keterampilan sosial emosional anak meningkat menjadi 53,3% pada siklus II hasil keterampilan sosial emosional anak semakin meningkatmenjadi 80,0%. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Model Pembelajaran Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Emosional Anak.