PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KELAS II DI MADRASAH IBTIDAIYAH SALAMAH KOTA JAMBI
Main Authors: | ARYUNA MARIANTI, TPG 141080, Muhsinin, Umil, Al-Ihwanah, Al-Ihwanah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2150/1/TPG_141080_ARYUNA%20MARIANTI_PGMI%20-%20Y.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2150/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang problematika pembelajaran tematik integratif kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pelaksanaan pembelajaran tematik integratif kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi (2) problematika guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik integratif (3) problematika siswa dalam pembelajaran tematik integratif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Salamah Kota Jambi sudah melaksanakan pembelajaran tematik integratif sejak satu tahun yang lalu. Akan tetapi pelaksanaan pembelajaran tematik integratif di MI Salamah Kota Jambi belum dikatakan berhasil secara maksimal, karena terdapat beberapa kendala yang dialami guru maupun siswa khususnya di kelas II. Adapun kendala yang dialami guru yaitu : (1) Kurangnyanya sarana dan prasarana, (2) Kendala dalam membuat perangkat pembelajaran, (3) Guru Kurang Mahir Dalam Membuat RPP, (4). Ketidak sesuaian silabus, (5). Adanya kendala dalam merancang media dan bahan ajar (6) Adanya kendala dalam pengelolaan kelas, (8). Kendala pembelajaran yang berkitan dengan lingkungan, (9). Kemampuan daya serap siswa kelas IIA rendah, (10). Metode dan media yang digunakan guru kurang variatif, dan (11). Siswa merasa bosan.