IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK SEBAGAI UPAYA MENDIDIK KEDISIPLINAN SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI

Main Authors: M. MAARIF, TP 151395, Hakim, Lukman, Surayya, Elly
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2141/1/TP.151395_M.MAARIF_PAI%20-%20win%20aramico.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2141/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota 2 Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi kasus, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyan Negeri Kota 2 Jambi belum sepenuhnya berjalan sempurna, karena penggunaan strategi dan metode pembelajaran kurang bervariasi dalam proses pembelajaran. Kemudian kendala-kendala guru dalam mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi adalah kurangnya fasilitas buku, kurangnya peningkatan kualitas guru akidah akhlak, jumlah kelas dan jam yang terlalu banyak, dan kurang tegaknya aturan-aturan mengenai kedisiplinan di lingkungan madrasah. Maka dari itu berbagai upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengimplementasikan pembelajaran akidah akhlak sebagai upaya mendidik kedisiplinan siswa adalah adanya perencanaan pembelajaran yang matang, memberikan motivasi dan nasihat kepada siswa, serta teguran langsung ketika ada siswa yang mengganggu proses pembelajaran di dalam kelas. Hal ini dilakukan agar kedisiplinan tetap terlaksana di dalam kelas selama proses pembelajaran berlangsung.