PENGARUH ANTARA KECEMASAN MATEMATIKA (MATH ANXIETY) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KOTA JAMBI

Main Authors: RIZA KARLINA, TM.151276, Jamaluddin, Jamaluddin, Yusmarni, Yusmarni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2140/1/RIZA%20KARLINA%2C%20TM.151276_tadris%20matematika%20-%20Riza%20Karlina.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2140/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Antara Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan desainnya adalah Non Experiment. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah hubungan antarvariabel itu merupakan hubungan yang menyakinkan (signifikan), ataukah hubungan tidak meyakinkan. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument observasi berbentuk skala likert untuk mengetahui skor kecemasan matematika dan dokumentasi untuk mengetahui skor hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Jambi. Pada bulan Agustus-September 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa dari kelas XI IPA berkecemasan tinggi yang berjumlah 28 orang. Uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan didapat t-hitung = −0,695 dan t-tabel = −0,374. Jadi −0,695 > −0,374 maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif diterima sedangkan Hipotesis Nol ditolak. Ini berarti terdapat korelasi negatif yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Hubungan/pengaruh antara kecemasan matematika dengan hasil belajar matematika memiliki tingkat hubungan yang kuat dan arah koefesian korelasi bertanda negatif (-) ini menunjukkan arah yang berlawanan. Sehingga apabila kecemasan matematika tinggi maka hasil belajar matematika rendah. Sebaliknya, apabila kecemasan matematika rendah maka hasil belajar matematika tinggi.