PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NURUL KHOIRIYAH KECAMATAN PELEPAT KABUPATEN BUNGO

Main Authors: SAWALLUDIN, TP 140885, Us, Kasful Anwar, Ridwan, Ridwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2138/1/TP.140885_SAWALLUDIN_TARBIYAHPAI%20-%20Syawal%20Udin.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2138/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui permasalahan peran guru aqidah akhlak dalam pembinaan akhlak siswa serta bagaimana penanganan yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah tersebut, hasil penelitian ini di harapkan akan dapat di pergunakan untuk menyempurnakan penanganan terhadap permasalahan yang sama yaitu: peran guru aqidah akhlak dalam pembinan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang di Madrasah Aliyah Nurul Khoiriyah Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo. Pengumpulan data di lakukan dengan mengadakan pengamatan secara langsung yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling (sampel bertujua), yang di dasarkan pada pertimbangan tertentu yaitu tujuan penelitian dengan pertimbangan hanya pada guru, siswa-siswa yang melakukan pembelajaran yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab terjadinya Akhlak siswa yang masih di bawah rata-rata yaitu yang pertama lingkungan keluarga, yang kedua lingkungan sekolahh, bentuk-bentuk akhlak siswa yang masih di bawah rata-rata adalah tidak menghormati guru, tidak menaati peraturan sekolah, hubungan sesama siswa tidak baik peran guru Aqidah Akhlak dalam pembinaan akhlak siswa yaitu melalui pendekatan, teguran dan bimbingan, kemudian melalui nasehat, dan melalui hukuman.