PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TUNGKAL ULU
Main Authors: | ROSLIANA, TM 151282, Jamaluddin, Jamaluddin, Asiani, Rosi Widia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2136/1/TM151282%20ROSLIANA.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2136/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tungkal Ulu pada pokok bahasan Segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti apakah benar penerapan model Inkuiri Terbimbing mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Posstest Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampel berjumlah 10 siswa di kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan 10 siswa di kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes berbentuk tes essay dengan jumlah 5 soal. Analisis pada penelitian ini menggunakan uji ttest dan uji korelasi phi. Dari uji ttest pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 2,1<3,48>2,88 dan dari hasil uji korelasi phi pada taraf signifikan 5% dan 1% diperoleh 0,444<0,7035>0,561. Artinya bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa.