PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MUARO JAMBI

Main Authors: SITI HAMIDAH, TM 151290, Idarianty, Idarianty, Yusmarni, Yusmarni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2126/1/SITI%20HAMIDAH-TM151290%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2126/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang pengembangan bahan ajar materi aritmatika sosial dengan modul pembelajaran di kelas VII sekolah menengah pertama madrasah tsnawiyah nurul huda muaro jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembanagan, penelitian ini mendesain modul pembelajaran dan pemberian tes untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi, ahli media dan ahli desain, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Setelah modul dibuat maka modul pembelajaran tersebut divalidasi oleh oleh ahli. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain pembelajaran hingga media pembelajaran dinyatakan layak untuk diujicobakan. Uji coba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru dan siswa sebagai subjek penelitian. Selanjutnya modul pembelajaran tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas VII di MTS Nurul Huda muaro jambi Dari hasil post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 80%, nilai siswa mencapai criteria ketuntasan minimum. Dan hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukan kategori “sangat Positif”. Ini artinya modul pembelajaran yang dibuat sudah menjawab rumusan masalah, sehingga modul pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru dan siswa MTS khususnya pada pembelajaran pada pembelajaran materi aritmatika social.