PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SAVI (SOMANTIC, AUDITORY, VISUALIZATION DAN INTELLECTUALLY ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 22 KOTA JAMBI

Main Authors: DESI NURGITA SARI, . TB. 150940, Hakim, Lukman, Safita, Reny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2114/1/TB150940_DESI%20NURGITA%20SARI_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20Siti%20maysa.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2114/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran tipe SAVI belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif siswa kelas VIII pada materi sistem ekskresi manusia di SMP N 22 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah True-eksperimen dengan desain Posttest Only Control Design. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah berupa tes pilihan ganda untuk ranah kognitif dan lembar angket untuk ranah kognitif dan afektif dan psikomotor. Dari pengumpulan data yang diperoleh hasil perhitungan didapat nilai rata rata kelas eksperimen aspek kognitif sebesar 73,59, aspek afektif sebesar 73,10, aspek psikomotor sebesar 67. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata aspek kognitif sebesar 66,16, aspek afektif sebesar 64,23, aspek psikomotor sebesar 60,16. Berdasarkan analisis data didapat bahwa, aspek kognitif to ≥ tt yaitu 2,35 > 2,00 , aspek afektif dengan nilai to ≥ tt yaitu 3,32 > 2,00, aspek psikomotor dengan nilai to ≥ tt yaitu 2,29 > 2,00. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran tipe SAVI terhadap hasil belajar biologi siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 22 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan Model pembelajaran tipe SAVI dalam pembelajaran biologi.