PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI

Main Authors: SITI SUNDARI, TB.151049, Musyaddad, Kholid, Gusfarenie, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2112/1/TB.151049_SITI%20SUNDARI_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20win%20aramico.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2112/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang penelitian dilakukan untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) terpadu di MTs Nururrodhiyah Kota Jambi. Hasil yang dimaksud pada penelitian ini peneliti batasi, hanya pada ranah kognisi, . (pengetahuan) dan kognisi . (pemahaman) penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian asosiatif dan one group pre-test dan posttest control design. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan sample random sampling. Peneliti menemukan bahwa kelas postes lebih baik dari pada kelas pre-test. Kelas yang menerapkan alat peraga memperoleh skor tertinggi dan standar deviasi yang diperoleh juga lebih kecil menerapkan Alat Peraga dibandingkan dengan model Konvensional yaitu Selain itu, nilai median siswa yang menerapkan Alat Peraga juga lebih besar dibandingkan dengan yang menerapkan model Konvensional, yaitu dengan nilai median siswa yang menerapkan Alat Peraga dan nilai median siswa yang menerapkan model Konvensional . Berdasarkan perhitungan diperoleh lebih besar dari pada ( baik pada taraf signifikan ataupun ). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Dengan demikian maka terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh penggunaan model Alat Peraga terhadap pengetahuan dan pemahaman belajar IPA siswa di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi