PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH PUTRI AS’AD OLAK KEMANG KOTA JAMBI

Main Authors: RINDU SEPTIA WULANDARI, TB 151023, Sunarto, Sunarto, Wirman, Rahmi Putri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2092/1/RINDU%20SEPTIA%20WULANDARI%20NIM%20TB.%20151023%20BOOKMART%20-%20Rindu%20Septia.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2092/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu di madrasah tsanawiyah putri as’ad olak kemang kota jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental–Posttest Only Control desain. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda. Dari pengumpulan data yang telah diperoleh, Hasil perhitungan didapat nilai rata - rata aktivitas kelas eksperimen sebesar 63,37 dan nilai rata- rata aspek kognitif sebesar 77,79, sedangkan untuk kelas kontrol nilai rata-rata aktivitas sebesar 47,62 dan nilai rata- rata aspek kognitif 67,58 Berdasarkan hasil analisis data didapatkan , aktivitas dengan nilai t0 > tt yaitu 8,1 > 2,00 maka Ha(1) diterima dan H0(1) ditolak. Sedangkan aspek kognitif dengan nilai t0 > tt yaitu 3,18 > 2,00 Ha(1) diterima dan H0(1) ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu di madrasah tsanawiyah putri as’ad olak kemang kota jambi.