PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 9 PEMATANG GAJAH

Main Authors: NOVI SAPUTRI, TM. 140737, Hayat, Najmul, Zulyanty, Marni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2089/1/Novi%20Saputri%20%28TM140737%29%20Tadris%20Matematika%20-%20novi%20saputri.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2089/
Daftar Isi:
  • Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit bagi sebagian besar peserta didik. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di SMKN9 pematang gajah, diperoleh informasi bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik disebabkan banyak hal, salah satunya adalah peserta didik belum terbiasa mengontrol proses berfikirnya. Pembelajaran yang mampu mengontrol proses berfikir yaitu metakognisi. Selain rendahnya kemampuan pemecahan masalah, keterbatasan bahan ajar juga menjadi penyebab lain. Berdasarkan observasi di SMKN9 pematang gajah LKPD jarang digunakan, guru lebih memilih menyampaikan materi per sub bab dalam bentuk softcopy menggunakan referensi dari buku maupun internet. Hal ini dikarenakan lembar kerja peserta didik kurang memenuhi standar dan kurang sesuai dengan kompetensi peserta didik, sehingga penggunaannya pun belum optimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dalam Pembelajaran Metakognisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMKN9 Pematang Gajah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD dalam pembelajaran metakognisi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan menurut sugiyono, dengan model pengembangan ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, angket dan tes. Ujicoba dilakukan pada peserta didik kelas X MM SMKN9 Pematang Gajah. Berdasarkan validasi dengan ahli media dan ahli materi bahwa LKPD valid dan dapat digunakan sesuai saran. Selanjutnya untuk kepraktisan dilihat dari hasil angket tanggapan guru dan peserta didik yaitu LKPD cukup praktis digunakan. Kemudian untuk efektifitas dapat dilihat dari hasil penilaian tertulis dan wawancara dengan peserta didik yaitu LKPD efektif digunakan peserta didik.