KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 MUARO JAMBI

Main Authors: AHMAD HUSAINI, TP080186, Huda, Huda, Ridwan, Ridwan
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2083/1/Skripsi%20Husaini1%20-%20Kodok%20Loncat.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2083/
Daftar Isi:
  • "Fokus masalah skripsi ini telah diarahkan kepada studi tentang Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Muaro Jambi di antaranya: kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Muaro Jambi, kesulitan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Muaro Jambi, kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Muaro Jambi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bentuk deskriptif (pemaparan). Hasil dari penelitian ini adalah bahwa guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Muaro Jambi sudah memahami kompetensi pedagogik tetapi masih kurang dalam penerapannya ketika mengajar. Hal ini terbukti ketika cara mereka mengelola pembelajaran d lantaran ya adalah sudah membuat silabus dan RPP di awal masuk semester, membuat siswa aktif dengan melakukan sistem tanya jawab dalam proses pembelajaran, mengadakan evaluasi dengan mengerjakan LKS dan ulangan harian, tetapi masih kurang dalam memberikan motivasi dan memahami karakteristik siswa, sehingga membuat siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari pendidikan agama islam seperti membaca dan menulis Al-Quran, pembiasaan untuk ibadah dan masalah akhlak.