PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 KABUPATEN TEBO
Main Authors: | MUSTAKIM, TB.120770, Musyaddad, Kholid, Safita, Reny |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2078/1/MUSTAKIM%20-%20rumahh%20kreasii.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2078/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Mind Map terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Kabupaten Tebo. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu posttest only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penerapan mind map sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar kognitif Ilmu Pengetahuan Alam. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Kabupaten Tebo. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Kabupaten Tebo yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah simple random sampling dengan cara undian dan diperoleh VIII A sebagai kelompok eksperimen serta kelas VIII B sebagai kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar kognitif siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus ttest yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas.