STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 SAROLANGUN

Main Authors: EPRAWADI, MPA172691, Risnita, Risnita, Widdah, Minna El
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2064/1/MPA.172691_EPRAWADI_.Magister%20Pendidikan%20Islam%20%20-%20epra%20wadi.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2064/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Sarolangun belum optimal. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah mengapa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Sarolangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi keterpercayaan hasil penelitian diperoleh dengan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi data dan konsultasi pembimbing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa di SMA Negeri 6 Sarolangun belum optimal, meskipun sudah ada kegiatan pembiasaan, keteladanan, nasehat, memantapkan pendidikan agama di sekolah, kerja sama guru dengan guru lain dan orang tua, menggunakan berbagai kesempatan dalam mendidik akhlak, menegakkan disiplin. Namun semua strategi ini kurang direncanakan dan diawasi secara terus menerus. Kesimpulan penelitian ini adalah pembinaan akhlak siswa di SMA Negeri 6 Sarolangun belum dikelola secara optimal karena keterbatasan anggaran dan kecakapan pembina mengimplementasi program pengembangan akhlak yang ada.