MOTIVASI WALI MURID DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK DI MADRASAH TSANAWIYAH LABORATORIUM KOTA JAMBI
Main Authors: | DAFID DWI DALIAWAN, MPA.15.2246, Musa, Musa, Khairunas, Khairunas |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2048/1/MPA152246%20Dafid%20Dwi%20Daliawan%20-%20Dafid%20Dwi%20Daliawan.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2048/ |
Daftar Isi:
- Saat ini kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan semakin meningkat, hal ini terlihat pada keinginan masyarakat dalam memilih serta menentukan sekolah yang baik untuk anaknya, mereka berusaha menyekolahkan anak setinggi tingginya dan memilih pendidikan yang tepat untuk anaknya. MTs Laboratorium Kota Jambi sebagai salah satu instansi yang menyelenggarakan kegiatan pendidikan, tidak hanya menyediakan pendidikan formal konvensional dengan sebaran mata pelajaran umum, melainkan juga diperkaya dengan mata pelajaran keislaman. Ditambah lagi dengan adanya kegaitan ekstra kurikuler yang bernuasa keislaman, seperti: lomba ceramah, lomba shalawat, hadrah, dan lain sebagainya. Hal ini kemudian bedampak bagi masyarakat Jambi khususnya yang termotivasi untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah tersebut, dengan indikasi adanya peningkatan jumlah siswa dari tahun ke tahun setiap pelaksanaan PPDB. Fenomena inilah yang menarik perhatian peneliti untuk melakukan kajian dalam bentuk tesis, sehingga terjawab apa-apa saja alasan orang tua atau wali murid menyekolahkan anak mereka ke MTs Laboratorium Kota Jambi ini, Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban: (1) Mengapa wali murid termotivasi untuk menyekolahkan anaknya di MTs Laboratorium Kota Jambi? (2) Apa dampak yang ditimbulkan bagi anak yang bersekolah di MTs Laboratorium Kota Jambi? dan (3) Apa saja faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh wali murid untuk menyekolahkan anaknya di MTs Laboratorium Kota Jambi? Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi, serta menerapkan teknik trianggulasi untuk pengecekan keabsahan data penelitian ini, maka peneliti telah menemukan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Adapun motivasi wali murid dalam menyekolahkan peserta didik di MTsN Laboratorium Kota Jambi dapat dibagi kepada dua motivasi, yaitu: motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik. (2) Dampak yang ditimbulkan akibat kegiatan pembelajaran di MTs Laboratorium Kota Jambi terhadap peseta didik antara lain: timbulnya moralitas atau perilaku positif pada diri siswa, aspek religiusitas siswa juga mulai semakin membaik, siswa juga kemudian tampak lebih bijak dalam menggunakan gadget (tidak kecanduan) dan semangat/motivasi belajarnya lebih besar; (3) Faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi oleh orang tua/ wali murid untuk menyekolahkan anaknya ke MTs Laboratorium Kota Jambi adalah: adanya sebagian peserta didik yang memiliki karakter siswa yang sulit dibentuk, rendahnya motivasi siswa terhadap ilmu agama, rendahnya perhatian sebagian orang tua/wali murid akan pentingnya pendidikan keagamaan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak sekolah kepada masyarakat, adanya dorongan dan sosialisasi dari tokoh agama agar orang tua sadar akan pentingnya pendidikan agama, lingkungan yang kondusif.