PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN MAKE AMATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII DIMADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA MENDALO DARAT KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Authors: | LATIFA AINI, TP151385, Karim, Hasnidar, Walid, Abul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2030/1/Latifa%20Aini%20TP%281%29%20-%20prasetyo%20syafawi.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2030/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar fiqih siswa kelas VIII MTS nurul huda . Tujuan pnenlitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fiqih di MTS nurul huda mendalo darat dengan menerapkan Model make A match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini ialah siswa kelas VIII MTS nurul huda mendalo darat dan objek penelitiannya ialah model pembelajaran make A match, hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih . Data diperoleh melalui observasi dan tes evaluasi kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan model siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diukur dari evaluasi Pra-Siklus, Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata pada Pra-Siklus 70,68, pada Siklus I 71,36 dan nilai rata-rata pada siklus II 78,9. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran make A match terhadap hasil belajar fiqih siswa MTS nurul huda mendalo darat dikatakan berhasil.