IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI
Main Authors: | Elsera, Erika, Samsu, , Fatmawati, Kiki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/203/1/ERIKA%20ELSERA-TPG141095%20-%20Erika%20Elsera.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/203/ |
ctrlnum |
203 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uinjambi.ac.id/203/</relation><title>IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI</title><creator>Elsera, Erika</creator><creator>Samsu, </creator><creator>Fatmawati, Kiki</creator><subject>372 Pendidikan Dasar</subject><description>Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi
sikap dan tindakan manusia dalam kehidupan sehingga tidak heran jika kualitas
suatu bangsa identik dengan pendidikannya. Saat ini masih banyak masalah yang
terjadi di dunia pendidikan, salah satunya masih rendahnya mutu pendidikan
indonesia. Pendidikan dapat membentuk masyarakat Indonesia menjadi
masyarakat yang lebih baik. Salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki kurikulum dari tahun ke tahun yang masih perlu perbaikan. Salah satu 'perbaikan' kurikulum adalah kurikulum 2013. Namun sayangnya walaupun ini adalah salah satu kurikulum terbaik yang pernah dibuat oleh pemerintah pusat, namun implementasinya di daerah atau di sekolah sekolah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan observasi masih terdapat banyak sekali kekurangan dalam
melaksanakan penilaian pada kurikulum 2013.Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka
penelitian ini di fokuskan pada Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 
Tema Indahnya Kebersamaan dengan Sub Tema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Siswa Kelas IV
A MI Salamah Kota Jambi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik yaitu 
dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian dengan karakteristik
peserta didik, cara mengatasinya guru harus memahami pribadi peserta
didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus
mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik
tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru, prosedur
penilaian lebih rumit. Cara untuk mengatasi masalah diatas yaitu
dengan cara mengadakan kerja kelompok guru (KKG) seminggu sekali
untuk membuat kolom awal tahun. Guru juga harus mengikuti 
penataran mengenai kurikulum 2013 dan selalu aktif mencari informasi 
terbaru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik
terpadu dan prosedur penilaian lebih rumit. Faktor pendukung keberhasilan implementasi penilaian autentik
kurikulum 2013 pada siswa kelas IV MI. Salamah Kota Jambi antara
lain; Diselenggarakannya banyak pelatihan, memperoleh pendampingan
dari Kepala Sekolah dan dinas terkait.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uinjambi.ac.id/203/1/ERIKA%20ELSERA-TPG141095%20-%20Erika%20Elsera.pdf</identifier><identifier> Elsera, Erika and Samsu, and Fatmawati, Kiki (2018) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI. Skripsi thesis, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. </identifier><recordID>203</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Elsera, Erika Samsu, Fatmawati, Kiki |
title |
IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KURIKULUM 2013 PADA SISWA KELAS IV MI SALAMAH KOTA JAMBI |
publishDate |
2018 |
topic |
372 Pendidikan Dasar |
url |
http://repository.uinjambi.ac.id/203/1/ERIKA%20ELSERA-TPG141095%20-%20Erika%20Elsera.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/203/ |
contents |
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting yang mempengaruhi
sikap dan tindakan manusia dalam kehidupan sehingga tidak heran jika kualitas
suatu bangsa identik dengan pendidikannya. Saat ini masih banyak masalah yang
terjadi di dunia pendidikan, salah satunya masih rendahnya mutu pendidikan
indonesia. Pendidikan dapat membentuk masyarakat Indonesia menjadi
masyarakat yang lebih baik. Salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan memperbaiki kurikulum dari tahun ke tahun yang masih perlu perbaikan. Salah satu 'perbaikan' kurikulum adalah kurikulum 2013. Namun sayangnya walaupun ini adalah salah satu kurikulum terbaik yang pernah dibuat oleh pemerintah pusat, namun implementasinya di daerah atau di sekolah sekolah tidak sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan observasi masih terdapat banyak sekali kekurangan dalam
melaksanakan penilaian pada kurikulum 2013.Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka
penelitian ini di fokuskan pada Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013
Tema Indahnya Kebersamaan dengan Sub Tema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Siswa Kelas IV
A MI Salamah Kota Jambi. Kendala yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik yaitu
dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian dengan karakteristik
peserta didik, cara mengatasinya guru harus memahami pribadi peserta
didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus
mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik
tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru, prosedur
penilaian lebih rumit. Cara untuk mengatasi masalah diatas yaitu
dengan cara mengadakan kerja kelompok guru (KKG) seminggu sekali
untuk membuat kolom awal tahun. Guru juga harus mengikuti
penataran mengenai kurikulum 2013 dan selalu aktif mencari informasi
terbaru mengenai penilaian autentik dalam pembelajaran tematik
terpadu dan prosedur penilaian lebih rumit. Faktor pendukung keberhasilan implementasi penilaian autentik
kurikulum 2013 pada siswa kelas IV MI. Salamah Kota Jambi antara
lain; Diselenggarakannya banyak pelatihan, memperoleh pendampingan
dari Kepala Sekolah dan dinas terkait. |
id |
IOS7065.203 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
1239 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
library_id |
1111 |
collection |
Repository UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi |
repository_id |
7065 |
subject_area |
Education Islamic Science Philosophy |
city |
MUARO JAMBI |
province |
JAMBI |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7065 |
first_indexed |
2019-06-22T08:58:19Z |
last_indexed |
2022-06-14T03:46:15Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1735598701742653440 |
score |
17.538404 |