KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENTRANSFORMASIKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MERLUNG

Main Authors: HERU SANDRIA, TK.151139, Fadlilah, Fadilah, Mukhlis, Mukhlis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/2024/1/HERU%20SANDRIA%20-%20Heru%20Sandria.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/2024/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme, strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme, kendala dan solusi kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merlung. Penelitian ini bertujuan untuk mengentahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme, strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme, kendala dan solusi kepala sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Merlung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Terdapat tiga instrumen dalam pengumpulan data diantaranya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa, dalam menjalakan roda kepemimpinan di Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Merlung, kepemimpinan Bapak Hartanta S.Pd, M.Pd adalah berpola transformasional. Hal ini dilihat dari empat indikator kepemimpinan transformasional yaitu idealized influence (pengaruh idealisme), inspirational motivation (motivasi inspirasioanal), intellectual stimulation (stimulasi intelektual), dan individual consideration (pertimbangan pribadi). Strategi kepala sekolah dalam mentransformasikan nilainilai multikulturalisme di SMPN 1 Merlung adalah dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikulturalisme pada kegiatan pengembangan diri, integrasi nilai-nilai multikulturalisme pada mata pelajaran, integrasi nilai-nilai multikulturalisme secara langsung dan tidak langsung. Kendala dan solusi yang dihadapi Kepala Sekolah dalam mentransformasikan nilai-nilai multikulturalisme adalah faktor internal, yaitu terkait permasalahan diri sendiri (individual), sedangkan faktor eksternal, yaitu lingkungan sekolah yang tidak mendukung. Solusinya adalah bagaimana cara kita memilih strategi dan metode penyampaian program yang baik kepada guru, siswa, dan wali murid.