MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM RANGKA PENINGKATAN MUTU GURU DI MAN INSAN CENDEKIA JAMBI
Main Authors: | MUHAMMAD SANUSI, MMP1622581, Muntholib, Muntholib, Ridwan, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/2016/1/MMP.1622581%20MUHAMMAD%20SANUSI%20MANAJEMEN%20PENDIDIKAN%20ISLAM%20-%20MUHAMMAD%20SANUSI%20Sanusi.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/2016/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini difokuskan pada Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Peningkatan Mutu Guru di MAN Insan Cendekia Jambi. Menggunakan metode kualitatif dengan observasi wawancara untuk menguraikan, menggambarkan, menggali dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu guru. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan menyimpulkan bahwa peningkatan mutu guru harus dimulai dari kesadaran dan komitmen untuk menjalankan kewajiban sebagai guru. Di samping itu dukungan kelembagaan dan dorongan motivasi guru. Upayanya :1). Perencanaan SDM; Rekruitmen, penempatan, pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan dan pembinaan guru. 2). Penerapan manajemen SDM dalam proses pembelajaran ; Apek Kelembagaan dan Perencanaan Pembelajaran serta lingkungan. 3). Kendala ; internal dan eksternal. Upaya untuk meningkatkan kompetensi dilakukan dengan 1). Membangun kesadaran kolektif semua guru. 2). Studi lanjut guru. 3). Pelatihan, magang dan studi banding guru. 4). Pembinaan dan pengambangan guru. Hambatan ; 1). belum adanya standar guru harus strata dua. 2). Tidak adanya regulasi penampatan guru MAN Insan Cendekia yang lulus CPNS untuk di tempatkan di MAN Insan Cendekia. 3). Belum terpenuhinya rumah asrama guru untuk menampung seluruh guru. Rekomendasi ; 1). Peningkatan mutu guru harus dilakukan seiring in put Siswa MAN Insan Cendekia yang semakin meningkat. 2). Proses seleksi guru harus mengedepankan persentase test mengajar (microteaching) dan membuat RPP serta analisis soal lebih banyak daripada soal-soal test tertulis pilihan ganda (multiple choice) 3). Pernyataan komitmen untuk tinggal di lingkungan madrasah dan penyediaan rumah asrama guru harus di barengi dengan pernyediaan rumah asrama bagi guru.