PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOKAMI (KOTAK KARTU MISTERIUS) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BAITURRAHIM JAMBI

Main Authors: SITI RAFIDA, TB 151047, Alfian, Alfian, Safita, Reny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1984/1/TB151047_SITI%20RAFIDA_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20siti%20rafida.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1984/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran KOKAMI (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Baiturrahim Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Posttest-Only Control Design, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Terdapat dua kelas yaitu, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran KOKAMI (kotak kartu misterius) memperoleh skor tertinggi 92, skor terendah 52, dan rata-ratanya 71,78 sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran KOKAMI (kotak kartu misterius) memperoleh skor tertinggi 84, skor terendah 32, dan rata-ratanya 56,00 dan terbukti bahwa skor hasil belajar ilmu pengetahuan alam dengan penggunaan media pembelajaran KOKAMI (kotak kartu misterius) lebih tinggi daripada skor hasil belajar ilmu pengetahuan alam yang tidak menggunakan media pembelajaran KOKAMI (kotak kartu misterius). Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan uji t peneliti menemukan ttabel = 2,03 pada taraf signifikan 5% dan pada taraf signifikan 1% ttabel = 2,72. Ternyata ttabel ≤ thitung ≥ ttabel (2,03 < 3,10 > 2,72) dengan demikian berarti ditolak, dan diterima. Hasil penelitian bahwa media pembelajaran KOKAMI (kotak kartu misterius) dapat menjadikan hasil belajar siswa lebih baik.