PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA DI MADRASAH TSANAWIYAH NURURRODHIYAH KOTA JAMBI
Main Authors: | INDA DESTARI, TB 150972, Musyaddad, Kholid, Gusfarenie, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1964/1/TB150972_Inda%20Destari_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20Inda%20Destari.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1964/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas tentang Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar IPA di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi dengan menggunakan metode Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VIII B yang berjumlah 31 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, lembar observasi ,dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas VIII B di Madrasah Tsanawiyah nururrodhiyah Kota Jambi dengan penerapan metode Role Playing pada materi sistem pencernaan pada manusia dikategorikan sangat aktif. Berdasarkan rata-rata pada Pra-siklus dengan rata-rata 38,07% dengan kategori kurang aktif, siklus I 62,85% dengan kategori aktif sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 76,56% dengan kategori sangat aktif. Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Role Playing dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA di Madrasah Tsanawiyah Nururrodhiyah Kota Jambi.