PENGGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN KARTU SOAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MADRASAH ALIYAH AL IKHLAS KOTA JAMBI

Main Authors: ABDUL HALIM, TP 151312, Iskandar, Iskandar, Syahbani, Nispi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1941/1/SKRISI%20ABDUL%20HALIM_TP151312_pai%20-%20mr%20Halim.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1941/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan metode diskusi dengan kartu soal dalam pembelajaran fiqih di kelas X MA Al ikhlas Kota Jambi, dan dengan metode diskusi dengan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK dilaksanakan sebagai upaya utuk mengatasi permasalahan yang muncul didalam kelas. Metode ini dilakukan dengan empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Keempat tahap tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkahlangkah yang sama dan dan difokuskan pada pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi dengan kartu soal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dilihat pada hasil tes yang diberikanoleh peneliti. Nilai KKM yang harus dicapai siswa sebesar 75. Dengan demikian, penggunaan metode diskusi dengan kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa pada mata pelajaran fiqih. peningkatan tersebut dapat dilihat melalui siklus yang telah dilaukan. Pada pra siklus nilai rata-rata keberhasilan siswa 38,46%, Siklus I nilai rata-rata keberhasilan siswa 73,07% Siklus II nilai rata-rata keberhasilan siswa 88,46% Pada siklus II siswa mencapai KKM 23 siswa.