PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 MUARO JAMBI

Main Authors: ISWAN, TM151227, Susanti, Try, Zulyanty, Marni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1937/1/iswan%20Tm151227%20Pdf%20-%20Durmad%20Channel.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1937/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini ialah ingin melihat sebarapa besar pengaruh dari penggunaan alat peraga terhadap pmahaman konsep siswa di SMP N 2 Muara Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi pada bulan oktober 2019. Metode dalam penelitian ini menggnakan pendekatan kuantitatif, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest only control design Sampel pada penelitian ini adalah Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak dua kelas yaitu VIII A berjumlah 32 siswa dan kelas VIII B berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Dan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa diperoleh dalam perhitungan (t0= 7,66) adalah lebih besar dari pada Ttabel (baik pada taraf signifikan 5% maupun 1%) yaitu 2,02<7,66>2,65. Sehingga Ha yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara Penggunaan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muaro Jambi.