PERAN PENGELOLA PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMA N SURULANGUN KAB. MUSI RAWAS UTARA

Main Authors: MUHAMMAD KODRI, IPT 150449, Fahmi, Fahmi, Haqq, Athiatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1934/1/IPT150449_M.KODRI_IPT%20-%20Muhammad%20Kodri.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pengelola perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa. Sebagaimana masalah pokok dalam penelitian ini adalah mengenai minat baca siswa di sekolah kurang optimal, masalah pokok ini dirincikan sebagai berikut: Peran pengelola dalam meningkatkan minat baca siswa, Apa kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan dalam meningkatkan Minat baca siswa dan Apa upaya yang dilakukan pengelola perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model Miles dan Huberman yang aktivitas dalam analisis data yaitu analisis reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasi wawancara dan observasi peneliti di lapangan, menunjukan minat baca siswa di SMA N Surulangun Kab. Musi Rawas Utara masih tergolong rendah. Hal ini terkait dengan kendala-kendala tentang jumlah koleksi di perpustakaan masih kurang serta fasilitas yang kurang memadai, sehingga membuat minat siswa berkunjung ke perpustakaan menjadi kurang tertarik. Upaya yang dilakukan pengelola perpustakaan untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu: melakukan kerjasama dengan guru di sekolah, menyediakan koleksi yang cukup sesuai kebutuhan siswa serta fasilitas yang memadai bagi kebutuhan dan kenyamanan siswa yang berkunjung ke perpustakaan.