PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ADOBE FLASH PROFESSIONAL CS6 DENGAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE ANDROID

Main Authors: Fazlurrahman, TF130953, Rusli, Fakhrurrozi, Sefrinando, Boby
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1923/1/SKRIPSI%20FULL%20FAZLURRAHMAN%20TF130953%20-%20Fazlur%20Rahman.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1923/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Fisika dengan aplikasi berbasis Android dengan kompetensi dasar menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. untuk siswa kelas IX MTs dan mengetahui kelayakan aplikasi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Fisika, dan pendapat dari siswa Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5) Evaluation (Evaluasi), namun hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Pengembangan. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran Fisika yaitu guru MTs N 1 Tanjung Jabung Barat. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 41 siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tanjung Jabung Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Fisika dengan aplikasi berbasis Android sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh total skor 49,00 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 94,23%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, 2) Ahli media diperoleh total skor 63,00 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 95,75%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”, dan 3) Praktisi pembelajaran Fisika total skor 59,00 yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan jika dipersentasekan mendapat nilai 98,30%, sehingga termasuk kategori “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media ini pada saat dilakukan uji coba rata-rata menunjukkan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 80,96% setiap indikatornya. Dengan demikian media pembelajaran Fisika dengan aplikasi berbasis Android ini layak digunakan sebagai media pembelajaran