MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVENT DIVISIONS (STAD) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 BATANG HARI
Main Authors: | Yayan Sari, TB. 120 835, Jamil, Zawaqi Afdhal, Kurniawan, Fery |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1903/1/SKRIPSI%20YAYANSARI%20-%20Muhadi%20Siregar.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1903/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologidi Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Batang Hari melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievent Divisions (STAD). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik Tes. Penelitian ini menemukan bahwa, hasil belajar biologi siswa dari siklus I sampai ke siklus III mengalami peningkatan hal ini terbukti dengan nilai rata-rata yang siswa peroleh menunjukkan dari 59,03 pada siklus I menjadi 70,28 pada siklus II dan meningkat menjadi 81,67 pada siklus III. Siswa yang telah berhasil ada 10 orang (27,78%) pada siklus I menjadi 26 orang (72,22%) pada siklus II dan meningkat 33 (91,67%) pada siklus III. Ini berarti keberhasilan klasikal mencapai 91,67% sedangkan siswa yang belum berhasil sebesar 8,33%. Maka dapa disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe Student Team Achievent Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada pokok bahasan Virus di Sekolah Menegah Atas Negeri 7 Batanghari