UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU HURUF PADA KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI 56/IX PONDOK MEJA KECAMATAN MESTONG KABUPATEN MUARO JAMBI

Main Authors: FADILA A, TPG151668, Hakim, Lukman, Tabroni, Tabroni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1872/1/FADILA%20A-TPG151668%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1872/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan media kartu huruf di kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 56/IX Pondok Meja Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang diperkuat dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengambil latar Sekolah Dasar Negeri 56/IX Pondok Meja Sekolah Dasar Negeri 56/IX Pondok Meja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri 56/IX Pondok Meja, sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu huruf pada tema Benda Hidup Dan Benda Tak Hidup di Sekitarku. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan melalui empat tahapan yang mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3)observasi, (4) refleksi. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes membaca, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjuk bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Peningkatan aktifitas belajar siswa dapat di ukur dari evaluasi I, II, dan III dengan nilai aktifitas belajar siswa pada siklus I sebesar 68,04%, siklus II sebesar 73,04%, dan siklus III sebesar 75,86%.