PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 SAROLANGUN JAMBI

Main Authors: ELI SURYANI, TB150954, Jailani, Syahran, Syahbani, Nispi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1860/1/ELI%20SURYANI-TB150954%20-%20Dinni%20Computer.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1860/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil belajar biologi kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Sarolangun, tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa pada materi pokok bahasan Ruang Lingkup Biologi Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Media audio visual. penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Eksperimen ini menggunakan media audio visual sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes Subjek penelitian adalah siswa kelas IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 23 orang siswa dan kelas IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh skor tertinggi dikelas eksperimen adalah 98, skor terendah 62 dan rata-ratanya 81,4, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh skor tertinggi 95 dan nilai terendah 60 rata-ratanya 69,0. Berdasarkan perhitungan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,71 dan pada taraf signifikasi 5% diperoleh ttabel = 16,06 dan taraf signifikasi 1% ttabel =2,02 dengan demikian 16,06< 2,71> 2,02 sehigga Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan, di peroleh besarnya effect size perlakuan yang diberikan adalah 1,75 dengan persentase 95%. Hasil ini menunjukkan bahwa terjadinya pengaruh yang cukup besar dan konsisten dari pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar biologi kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 10 Sarolangun Aspek Kognitif.