PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPA TERPADU PADA SISWA KELAS VIII MTsS AL-JAUHAREN TANJUNG JOHOR JAMBI
Main Authors: | Rizki Rahmawati, TB. 151027, Musyaddad, Kholid, Gusfarenie, Dwi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1855/1/TB%20151027_Rizki%20Rahmawati_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20win%20aramico.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1855/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) terhadap aktivitas belajar IPA Terpadu pada Siswa Kelas VIII MTsS Al-Jauharen Tanjung Johor Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain true eksperimental- posttest only control design. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Dari pengumpulan data yang telah diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen pada pertemuan I , dan pada pertemuan II dan nilai rata-rata kelas kontrol pada pertemuan I dan pertemuan II . Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai siswa kelas eksperimen sebesar dan pada kelas kontrol . Dari hasil analisis diperoleh to ttabel yaitu , maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berpengaruh terhadap aktivitas belajar IPA Terpadu Siswa Kelas VIII MTsS Al-Jauharen Tanjung Johor Jambi.