PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAME TOURNAMENT)

Main Authors: DINI FUSFITAYANI, TB 150947, Susanti, Try, Gusfarenie, Dwi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1845/1/TB150947_DINI%20FUSFITAYANI_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20Dini%20Puspita.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1845/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi sistem pencernaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sarolangun. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. dengan desain One Group Pretest-postet Design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini Cluster Random Sampling Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan dengan uji “t” maka nilai “t” yang diperoleh adalah= 3,972 dan lebih besar dari ttabel (pada taraf signifikasi 5% artinya 2,02 < 3,972, maka Ha (hipotesis alternative) diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Model Pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi sistem pencernaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Sarolangun.