PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI TIPE BUZZ GROUP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Authors: FITRIANI, TB. 150965, Susanti, Try, Safita, Reny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1839/1/TB150965_FITRIANI_TADRIS%20BIOLOGI%20-%20fitri%20ani.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1839/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya Pengaruh Metode Pembelajaran diskusi Tipe Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 24 Kota Jambi. jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan posttest only control desain. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini Berapa skor hasil belajar IPA siswa yang menggunakan metode pembelajaran Diskusi Tipe Buzz Group, Berapa skor hasil belajar IPA siswa yang tidak menggunakan metode Diskusi Tipe Buzz Group dan Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan metode pembelajaran Diskusi Tipe Buzz Group terhadap hasil belajar IPA. Metode pengumpulan data mnggunakan tes soal pilihan ganda sebanyak 25 butir. Dari pengumpulan data yang telah diperoleh, hasil perhitungan didapat nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77,69 sedangkan kelas control nilai rata-ratanya sebesar 59,81. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa hasil dari nilai t0>tt yaitu 1,66<5,54>2,38 berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada Metode Diskusi Tipe Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama 24 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapkan metode Diskusi Tipe Buzz Group dalam pembelajaran IPA terpadu khususnya pada materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan.