PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 13 BATANG HARI KECAMATAN BAJUBANG
Main Authors: | RIHADATUL AISY, TB.151019, Susanti, Try, Wirman, Rahmi Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1836/1/TB151019_RIHADATUL%20AISY%20-%20rihadatul%20aisy.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1836/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Biologi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 13 Batang Hari Kecamatan Bajubang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain True Eksperimental yaitu Posttest Only Control Desaign. Penelitian ini menemukan bahwa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Dari pengumpulan data yang diperoleh, hasil penghitungan didapat nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen sebesar 81,7 sedangkan untuk kelas kontrol rata-rata aspek kognitif sebesar 67,78. Berdasarkan hasil analisis data di dapat bahwa, aspek kognitif dengan nilai t0 ≥ tt yaitu 2,03 < 12,32 > 2,72. Berdasarkan data tersebut, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pengaruh model pembelajaran tipe Talking Stick terdapat hasil belajar biologi siswa kelas VIII Sekolah Pertama Negeri 13 Batang Hari Kecamatan Bajubang. Hasil penelitian ini menyarankan agar guru menerapakn model pembelajaran tipe Talking Stick dalam pembelajaran Biologi khususnya pada pokok bahasan sistem ekskresi pada manusia.