PENGARUH LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK (STUDI KASUS MAHASISWI FEBI UIN STS JAMBI)

Main Authors: NOVI AISAH, SES.141424, Ismail, Muhammad, Kurniawan, Bambang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1767/1/SES.141424_NOVI%20AISYAH_EKONOMI%20SYARIAH%20-%20Novi%20Aisah.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1767/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswi FEBI UIN STS Jambi. Variabel penelitian ini menggunakan 1 variabel yaitu variabel dependen dan variabel independen. Variabel dependen (Y) dari penelitian ini adalah keputusan pembelian. Variabel independen (X) adalaah label halal. Penelitian dilakukan terhadap keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswi FEBI UIN STS Jambi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli produk kosmetik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji multikolonieritas ,uji heteroskedastisitas dan uji normalitas), uji hipotesis (uji regresi linier berganda), uji ketepatan model (uji R2, uji F), dan uji t. sedangkan untuk olah data dengan menggunakan program SPSS for windows realease 22. Berdasarkan hasil penelitian ini variabel label halal merupakan variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap variabel keputusan pembelian kosmetik pada mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. Dibuktikan dengan hasil uji t variabel label halal memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan antara variabel label halal terhadap keputusan pembelian. Hasil diperoleh angka koefisien determinasi atau (R2) sebesar 48,7%.Sedangkan sisanya 51,3% disebabkan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam model yang digunakan dalam penelitian.