PENGARUH PENERAPAN MODEL PAKEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 7 MUARO JAMBI
Main Authors: | RUKOIYAH, TM.151281, Hakim, Lukman, Hasbi, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1748/1/RUKOIYAH%20-%20Dinni%20Computer.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1748/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penerapan model PAKEM Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode penelitian eksperimen semu dengan design penelitian PosttestOnlysedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Untuk instrumen pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 7 Muaro Jambi. Kelas IX A sebagi kelas eksperimen berjumlah 30 siswa sedangkan kelas IX B sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Data hasil penelitian diperoleh nilai tertinggi di kelas eksperimen yaitu 96 dan nilai terendah 50 dengan rata-rata75,66 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai tertinggi yaitu 86 dan nilai terendah yaitu 36 dengan rata-rata 62,5. Berdasarkan perhitungan uji t diperoleh thitung = 3,68 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,00 dan taraf signifikan 1% diperoleh ttabel = 2,65 dengan demikian 2,00 . Sehingga H0 diterima, artinya terdapat pengaruh dari penerapan model PAKEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.