HUBUNGAN ANTARA IKLIM KERJA, KOMITMEN, DAN AKUNTABILITAS KERJA DENGAN PENGEMBANGAN KARIR GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) DI PROVINSI JAMBI
Main Authors: | Sodiah, , Mukhtar, , Muntholib, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/174/1/DISERTASI%20SODIAH%20-%20Sodiah%20UIN%20STS%20JAMBI.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/174/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara iklim kerja, komitmen, dan akuntabilitas kerja dengan pengembangan karir guru secara parsial dan simultan. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilaksanakan pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) di Provinsi Jambi. Populasi penelitian adalah guru Pegawai Negeri Sipil dengan jumlah sampel 94 guru yang dipilih secara total sampling. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment Pearson dan regresi berganda. Hasil penelitian terdiri dari empat temuan: 1) Iklim kerja berkorelasi signifikan yang kuat dengan pengembangan karir guru sebesar 77,2%, 2) Komitmen berkorelasi signifikan yang sedang dengan pengembangan karir guru sebesar 53,1%, 3) Akuntabilitas kerja berkorelasi signifikan yang kuat dengan pengembangan karir guru sebesar 69,7%, 4) Iklim kerja, komitmen, dan akuntabilitas kerja guru secara bersama-sama berkorelasi signifikan yang sangat kuat dengan pengembangan karir guru sebesar 83,5%. Berdasarkan temuan penelitian, disimpulkan bahwa jika semakin baik iklim kerja, komitmen guru, dan akuntabilitas kerja guru maka pengembangan karir guru akan meningkat. Sehingga guru, Kepala Madrasah, dan Kementerian Agama harus bekerjasama menciptakan iklim kerja, komitmen, dan akuntabilitas kerja yang baik serta melaksanakan pelatihan dan seminar silang yang mendukung peningkatan karir di madrasah.