LITERASI INFORMASI PENGELOLA KOMUNITAS SAHABAT ILMU JAMBI BERDASARKAN STANDAR IFLA (INTERNATIONAL FEDERATIONS OF LIBRARY ASSOCIATIONS AND INSTITUTIONS)

Main Authors: RIO GUSMA HENDRA, IPT150463, Rum, Muhammad, Dastina, Wenny
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinjambi.ac.id/1728/1/RIO%20GUSMA%20HENDRA_IPT%20150463_Ilmu%20Perpustakaan%20-%20BAHARI%20KOMPUTER.pdf
http://repository.uinjambi.ac.id/1728/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan Pengelola Komunitas Sahabat Ilmu Jambi dalam mengakses, mengevaluasi dan menggunakan informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan Trianggulasi data. Berdasarkan hasil analisis dan temuan penelitian, kemampuan Pengelola Komunitas Sahabat Ilmu Jambi dalam mengakses informasi berdasarkan standar IFLA dikatakan Expert, karena dilihat dari kemampuan pengelola dalam mendefenisikan kebutuhan informasi serta melakukan penelusuran informasi melalui berbagai sumber, seperti orang yang ahli dalam bidangnya, dari media cetak: buku dan koran, media elektronik: televisi dan HP. Kemampuan Pengelola Komunitas Sahabat Ilmu Jambi dalam mengevaluasi Informasi berdasarkan standar IFLA dikatakan Expert, karena dilihat dari kemampuan pengelola dalam penilaian informasi dan pengaturan informasi yang di peroleh melalui sumber-sumber informasi yang jelas, seperti buku, dan media internet, serta sumber dari diskusi internal komunitas. Kemampuan Pengelola Komunitas Sahabat Ilmu Jambi dalam menggunakan informasi berdasarkan standar IFLA bisa dikatakan Expert, dilihat dari kemampuan pengelola dalam menggunakan informasi dan mengkomunikasikan informasi secara langsung berupa diskusi, dan tidak langsung serta menyampaikan informasi dengan penyampaian yang lebih sederhana dan mudah dimengerti.