PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TERPADU DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ITTIKHADUL KHOIRIYAH MUARO JAMBI
Main Authors: | SITI MAISARAH, TF 151106, Gusmira, Eva, Rosmalinda, Desy |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinjambi.ac.id/1717/1/SITI%20MAISARAH_TF151106_TADRIS%20FISIKA%20-%20May%20Sarah.pdf http://repository.uinjambi.ac.id/1717/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di Madrasah Tsanawiyah Swasta Ittikhadul Khoiriyah Muaro Jambi melalui Penerapan Pembelajaran Kontekstual. Penerapan Pembelajaran Kontekstual ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Ittikhadul Khoriyah Muaro Jambi dengan jumlah 20 orang siswa yang terdiri 7 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini menemukan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu di kelas VIII, penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran diukur dari evaluasi Siklus I dan Siklus II dengan nilai rata-rata pada siklus I 73,75 dan siklus II 81,75. Jumlah presentase siswa yang berhasil pada siklus I adalah 60% dan siklus II adalah 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam terpadu siswa kelas VIII di sekolah Madrasah Ittikhadul khoriyah Muaro Jambi .